Minggu, 04 Januari 2009

KemERiYaHan pEstA kEMbNAG aPi AkHrI tAHUN BATAM


Penyambutan tahun baru 2009 di Kota Batam, pada Rabu malam (31/12/08) luar biasa meriahnya. Tidak seperti tahun-tahun terduhulu. Di menit-menit pergantian tahun 2008 ke 2009, langit Batam berwarna-warni oleh percikan kembang api. Nyaris di semua penjuru Batam ada pesta kembang api. Pesta kembang api terbesar dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Pesta kembang api yang digelar Pemko Batam tersebut berhasil memukau puluhan ribu warga Kota Batam yang memadati Dataran Engku Putri Batam Centre dan sekitarnya . Dataran Engku Putri Batam Centre sudah mulai disesaki warga Kota Batam yang berasal dari berbagai penjuru. Terutama dari daerah hinterland seperti Kecamatan Belakang Padang, Kecamatan Galang dan Kecamatan Bulang. Warga sudah tidak sabar untuk menyaksikan rangkaian kegiatan menyambut Tahun Baru 2009 yang dikemas rapi oleh pemerintah.

Masyarakat yang datang malam itu, bukan hanya disuguhi atraksi kembang api, namun sebelumnya mereka juga dapat menikmati penampilan artis Kontes Dangdut Indonesia (KDI) yakni Maya, Gita dan Nazar. Panggung besar berhiaskan lampu terang benderang berada tepat di tengah-tengah lapangan dataran engku puteri, dikerumuni warga yang menyaksikan pertunjukan artis-artis ibukota.


Acara pergantian tahun 2009 yang dipusatkan di lapangan pemerintah kota Batam, bertemakan ’Pesta Rakyat Batam’ ini digelar untuk kali ketiga berturut-turut oleh Pemko Batam. Acara diperuntukkan untuk warga Batam dan juga bagi turis asing yang merayakan tahun baru di Batam. Tidak mengherankan apabila beberapa ruas jalan protokol arah Batam Center macet, akibat antusias warga. Kendaraan roda empat dan dua mengalir tanpa henti. ’Pesta Rakyat Batam’ kali ini juga dihadiri oleh Walikota Batam, Sekda, Muspida, dan Pejabat Pemprov Kepri.


Sementara itu di beberapa kawasan lainnya, nampak berbagai pesta yang digelar masyarakat. Pesta dengan beraneka ragam. Barbeque dan kembang api turut memeriahkan pergantian tahun. Di kawasan Bukit Senyum yang terletak di sebuah bukit, warga berdatangan dan berdesakan di puncak bukit menyaksikan pesta kembang api di negara tetangga, 1 jam dahulu dari Batam - Singapura. Posisi di ketinggian memungkinkan warga melihat dengan jelas kembang api bertaburan di langit gelap negeri bersimbol Singa tersebut.

Tidak ada komentar: