Jumat, 06 Juni 2008

CoReTAn MahAs!sWi AkuNTansi

KuliAh AkunTanSi

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam melakukan kegiatan belajar. Ada orang yang cukup dengan memperhatikan secara saksama ketika dijelaskan, mereka sudah langsung menguasai materi yang disajikan tanpa harus belajar lagi. Ada pula Mahasiswa/i yang belajar dengan cara membaca buku berkali-kali, namun tidak menguasai materi. Ada juga yang dalam membaca buku harus mencoret dengan starbilo warna. Sampai - sampai buku yang semula putih bersih menjadi full color. Ada juga yang menggaris bawahi setiap kata penting yang ia temukan di textbook. Seolah-olah ia tidak percaya kalau seluruh baris tulisan kalimat di buku itu sudah lurus. Karena semua kalimat dalam buku yang dibaca adalah penting, maka dari awal sampai akhir buku menjadi bergaris. Yang lebih heboh lagi, adalah..... jurus baca mantra. Dengan jurus baca mantra ini mereka membaca catatan kecil secara berkali-kali. Definisi – definisi, rumus –rumus, dsb akan dibaca (diucapkan) berkali – kali dimanapun, kapanpun, .... nah, persis orang baca mantra kan! Hehehe….

Bagi Mahasiswa/i yang masih aktif kuliah mau tidak mau harus belajar. Bahkan bagi siapapun yang ingin menambah ilmunya, menambah pengetahuannya, akan melakukan kegiatan belajar. Belajar adalah kegiatan utama, kegiatan penting, (meski sebagian ada yang menganggap sebagai kegiatan sampingan). Bagi Mahasiswa/i, tentu secara lisan akan mengatakan bahwa belajar adalah kegiatan utamanya. Banyak pula Mahasiswa/i yang menyibukkan diri ke dalam berbagai aktivitas demi untuk mendapatkan pengalaman, sampai-sampai lupa akan tugas belajarnya. Bagi Mahasiswa/i yang sambil kerja (apa kerja sambil kuliah?) yaaaa seperti saya, kesulitan untuk mengalokasikan waktu belajarnya. Takut pekerjaannya berantakan, akan tetapi takut pula jika nilai kuliahnya jelek.

Harapan terbaik adalah, pekerjaan kantor beres tetapi nilai kuliah juga dapat A. Semua aktivitas lancar dan dapat pengalaman banyak, tetapi juga nilai yang tercantum di KHS adalah A semua. Memang menyenangkan jika semua mata kuliah dapat nilai A, serta materi kuliah dapat dikuasai secara sempurna, dan semua itu diperoleh dengan usaha belajar secara santai. Nah, semua itu dapat saya capai (berusaha) jika saya menerapkan strategi belajar secara efektif dan efisien.

Mata kuliah Akuntansi yang saya ambil memiliki serangakain cerita, bukan dasar-dasar akuntansi saja bahkan bertambah akuntansi-akuntansi lainnya yaaa seperti Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, dan Akuntansi Manajemen, Saya dituntut memahami pengetahuan (materi kuliah) saya juga dituntut terampil melakukan penghitungan, pencatatan, atau bahkan melakukan pemecahan masalah. Jadi pada mata kuliah tersebut. Saya harus terampil melakukan/mengerjakan sesuatu. Terampil, berarti Anda harus dapat mengerjakan pekerjaan secara cepat dan benar. Karena tujuan yang seperti ini maka dalam ujian jarang ditemui soal yang menanyakan definisi, nama metode, ataupun menanyakan cara /prosedur sesuatu. Kebanyakan soal ujian untuk mata kuliah tersebut adalah kasus. saya diminta melakukan penghitungan, pencatatan (proses akuntansi), pembuatan laporan, atau bahkan pembuatan keputusan. Duhhhhhh merepotkan, bisa terbayang kan gimana repotnya, yaaaa tapi itu semua saya lakukan demi saya dan demi masa depan saya.
Seiring waktu yang terus berjalan, sekarang saya sudah semester IV (empat) kerasa juga lelah, letihnya kuliah sambil kerja! Tapi semua itu saya lakukan dengan enjoy walau bentrok dengan kerjaan di kantor.

Tidak ada komentar: